27 Desember 2018

Hak Seorang Anak

Posted by Kayuya on 23.29.00 with No comments

HAK SEORANG ANAK
Oleh : Kayuya





Saya pernah mendengar cerita, ada seorang bapak mengadu kepada khalifah Umar Bin Khattab r.a tentang anaknya yang durhaka.

Khalifah Umar pun bertanya kepada si anak tersebut. Tetapi si anak berkata kepada Khalifah Umar bin Khattab ra. “Wahai Amirul Mu’minin, bukankah seorang anak memiliki hak atas ayahnya?” Tanya anak itu

“Benar,” jawan Khalifah Umar.

“Hak apakah itu, wahai Amirul Mu’minin?” Tanya anak itu lagi

“Mencarikan seorang ibu yang shalehah untuknya, memberikan nama yang bagus dan mengajarkannya Al-Qur’an,” jawab Khalifah Umar.

“Wahai Amirula Mu’minin, sesungguhnya ayahku tidak pernah mengerjakan satu pun dari hal-hal yang engkau sebutkan tadi. Ibuku adalah Majusi (penyembah api), dia memberiku satu nama yang buruk, dia juga tidak pernah mengajarkan Al-Qur’an walau satu huruf,” ungkap sang anak kepada Khalifah.

Lalu Khalifah Umar bin Khattab ra berpaling kepada ayah si anak tersebut dan berkata, “Engkau datang kepadaku mengadukan anakmu yang durhaka, padahal engkau telah mendurhakainya sebelum dia mendurhakaimu, engkau telah berbuat keburukan kepadanya sebelum dia melakukan keburukan itu kepadamu.”

Kisah yang sangat menyentuh bukan?

Tidak bisa dimungkiri, sekarang pun masih banyak menganggap ini hal sepele dan kerap kali diabaikan. Banyak calon orang tua yang sebenarnya acuh, dan ketika si anak tumbuh jadi anak yang pembangkang pun mereka melimpahkan kepada si anak.

Didikan orang tua sangat penting disini. Sehingga muncul istilah "ANAKMU ADALAH KUALITAS DIRIMU".

Categories:

0 comments:

Posting Komentar